Cara Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi pada dasarnya masih mulus dan halus. Namun seringkali perawatan yang salah membuat kulit bayi menjadi tidak sehat dan terserang berbagai masalah kulit seperti lecet dan ruam. Mak adari itu, sebagai orangtua kita harus ektrak hati-hati dalam menjaga kesehatan kulit bayi. Dan tentunya sudah menjadi kewajiban bagi para ibu untuk merawat dan menjaga kesehatan bayi. 


Memang cara merawat kulit bayi tidaklah mudah, terlebih lagi bagi para ibu muda yang baru pertama kali mempunyai bayi. Tapi, untuk para ibu jangan khawatir karena dibawah ini saya akan memberikan cara-cara merawat kulit bayi dengan baik dan benar :
  1. Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat.
  2.  Dalam memandikan bayi, sebaiknya ibu memilih sabun dengan pH yang rendah yakni 4,5 sampai dengan 5.
  3. Jika terdapat lapisan vernix caseosa pada kulit bayi, harap ibu tidak menggosoknya, sebab lapisan kulit ini bermanfaat untuk melindungi kulit bayi yang sensitif.
  4. Bersihkan kulit bayi dengan benar apabila bayi pipis ataupun berak.
  5. Pastikan dengan seksama bahwa tidak ada lagi sisa sabun yang menempel di kulit bayi.
  6. Setelah selesai mandi, usap kulit bayi secara perlahan agar kulitnya cepat kering.
  7. Setelah kulit bayi kering, kini saatnya ibu memberikan bedak pada kulit bayi.Ingat, sebiaknya ibu tidak memberikan bedak pada leher dan juga alat kelamin bayi karena apabila bayi berkeringat akan menimbulkan penyakit kulit yang tidak bagu untuk si bayi.
  8. Setelah selesai memakai bedak, kini saatnya bayi memakai pempers. Pilihlah pempers yang pas agar bayi nyaman saat memakainya.
  9. Baru setelah itu, pakaikan anak denga pakaian yang sebaiknya berbahan katun agar mudha menyerang keringat si bayi.
Catatan :
  • Jangan terlau sering memandikan bayi terlebih lagi pada saat cuaca dingin. Cukup mandikan bayi 2 kali sehari.
  • Untuk para ibu, sebaiknya cuci pakian anak dengan menggunakan sabun cair karena detergen pada umumnya lebih tajam. Dan apabila deregen tersebut tertinggal dibaju si bayi, maka kuliy bayi akan iritasi.

0 Response to "Cara Merawat Kulit Bayi"

Posting Komentar