Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Jika bayi rewel dan perutnya terlihat membesar itu tandanya ia mengalami kembung. Kembung yang dialami bayi memang tidak membahayakan, akan tetap sebaiknya para orang tua segera mengatasi kembung tersebut agar bayi tidak rewel.

Namun sebelum mengatasinya, tak ada salahnya untuk para orang tua mengetahui penyebab kembung pada bayi. Kembung pada bayi disebabkan karena beberapa hal yaitu menelan udara terlalu banyak, menyusui dari payudara atau botol, karena penggunaan dot dan bayi banyak menangis sehingga banyak udara yang masuk melalui mulut yang terbuka.

 

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi dengan Ramuan Tradisional


1. Bawang merah
Bawang merah memang sudah lama dikenal khasiat untuk mengatasi perut kembung ataupun masuk angin pada bayi. Para ibu dimasa silam selalu menggunakan ramuan tradisional yang satu ini saat bayinya rewel karena mengalami perut kembung. Bawang merah mampu menstimulasi sirkulasi darah agar lebih aktif. Sirkulasi darah yang aktif akan membuat oksigen menjadi lebih cepat sehingga dapat mengusir segala gejala perut kembung atau masuk angin yang dialami bayi.

Adapun cara menggunakan bawang merah untuk mengatasi perut kembung pada bayi yaitu menumbuk bawang merah hingga halus dan selanjutnya balur tumbukan bawang merah tersebut pada perut bayi secara merata. Jangan lupa balurkan juga pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, kaki dan juga tangan bayi.

2. Daun jarak
Selain bawang merah, orang tua juga bisa menggunakan daun jarak sebagai obat untuk mengatasi perut kembung pada anak. 

Cara menggukannya pun sangatlah mudah yaitu dengan cara menggarangnya di atas bara api, mengoleskan minyak angin ke atas permukaannya, dan menempelkan permukaan daun yang diberi mnyak telon ke perut bayi setelah suhunya mulai hangat. Tempelkan beberapa menit dan ulangi minimal 7 kali di bagian perut yang berbeda. Tratment ini selain ampu meredakan perut kembung, secara tidak langung juga terbukti dapat mengatasi perut kembung atau masuk angin pada bayi.

0 Response to "Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi"

Posting Komentar