Pertolongan Pertama Saat Bayi Step

Ketika bayi mengalami demam, sebaiknya para orang tua segera mengatasi demam tersebut karena demam yang dialami oleh bayi anda sering kali memicu kejang demam atau yang lebih dikenal dengan step. Step memang tidak menyebabkan kematian, namun perlu diwaspadai karena step yang berlangsung lebih dari 15 menit dapat menyebabkan kerusakan saraf orak sehingga menjadi epilepsi, kelumpuhan, bahkan reterdasi mental.

Adapun untuk tanda atau gejala dari step itu sendiri yaitu tubuh bayi tersnetak disertai dengan kaku, kemudian perubahan terjadi pada bola mata bayi yang memutar bahkan dalam kondisi yang cukup para bayi seakan-akan tidak bernafas karena saluran pernafasannya terganggu.

Nah melihat dari gejala step diatas, tentu saja kita sebagai orang tua khawatir ketika si bayi mengalami step. Namun, sebaiknya anda tak perlu khawatir dan sebaiknya anda segera memberikan pertolongan pertama pada bayi yang mengalami step. Pertolongan pertama tersebut diantaranya :
  1. Segeralahh pindahkan bayi ke tempat yang lebih aman seperti kasur.
  2. Jauhkan bayi dari benda-benda yang dapat membahayakan nyawanya.
  3. Ketika bayi muntah, segera miringkan kepalanya ke bagian sisi kanan atau kiri.
  4. Jangan masukkan minuman atau makanan apapun ke dalam mulut bayi.
  5. Setelah bayi benar-benar sadar, segeralah kompres bayi di daerah dahi, ketiak dan lipatan paha.
Itulah pertolongan pertama yang bisa para orang tua lakukan ketika bayinya mengalami step. Meskipun telah memberikan pertolongan pertama, bukan berarti orang tua tidak memberikannya penangan medis. Oleh karena itu setelah bayi benar-benarr sadar, bawalah ia ke dokter.


0 Response to "Pertolongan Pertama Saat Bayi Step"

Poskan Komentar