Obat Untuk Mengatasi Muntah Pada Anak

Obat Untuk Mengatasi Muntah Pada Anak - Muntah bukanlah suatu penyakit melainkan gejala. Gejala ini berupa keluarnya isi lambung dan usus melalui mulut dengan paksa atau dengan kekuatan. Muntah merupakan refleks protektif tubuh karena dapat berfungsi melawan toksin yang tidak sengaja tertelan. Selain itu muntah merupakan usaha mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mengurangi tekanan akibat adanya sumbatan atau pembersaran oragna yang menyebabkan penekanan pada saluran pencernaan.

Penyebab muntah dapat berbeda sesuai dengan usia. Penyebab muntah pada anak-anak paling sering disebabkan oleh infekasi virus, keracunan makanan, alergi susu, mabuk, makan berlebihan, batuk, atau penyumbatan usus dan penyakit dimana anak mengalami demam tinggi.

Ada beberapa hal yang harus orang tua perhatikan saat anak anda mengalami muntah yaitu menjaga  supaya anak tidak mengalami dehidrasi karena muntah dapat mengelurakan cairan yang banyak sehingga anak mudah dehidarasi. Selain menjaga anak supaya tidak dehidari, orangtua juga bisa memeposisikan anak yang sedang muntah dengan posisi miring agar makanan yang dimuntahkan tidak masuk kedalam saluran pernafasan terutama paru-paru. Jangan berikan dulu anak makan dan minum selama 15-20 menit setelah anak muntah. Hindari juga anak dari susu, jus dan makanan yang mengiritas lambung untuk semantara waktu. Dan yang terakhir yaitu kompres ulu hati anak dengan air hangat untuk mengurangi rasa tidak enak setelah muntah. 

Seperti yang telah saya jelaskan bahwa penyebab muntah pada anak berbeda-beda, jadi untuk pengobatannya pun berbeda tergantung dengan penyebabnya. Contoh, jika penyebabnya karena infeksi maka tanganilah infeksinya. Dan jika disebabkan karena tidak cocok dengan makanan, maka jauilah makanan yang bisa membuat anak muntah.

0 Response to "Obat Untuk Mengatasi Muntah Pada Anak"

Posting Komentar