Obat Alami Untuk Biang Keringat Pada Bayi

Gangguan kesehatan kulit yang umum dialami oleh bayi adalah biang keringat alias keringat buntet. Biang keringat pada bayi biasanya timbul akibat keringat yang berlebihan tapi tidak keluar karena adanya penyumbatan pada saluran kelenjar keringat. Biang keringat pada bayi biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang biasa dijumpai pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian. Seperti misalnya pada punggung, lipatan leher, lipatan tangan dan juga pada lipatan kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa biang keringat dapat muncul pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

Untuk mengatasi biang keringat yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan anak maka harus dilakukan perawatan yang tepat pada biang keringat. Berikut ini adalah cara mengatasi biang keringat pada bayi.

1. Hindarkanlah menggaruk bagian tubuh bayi atau anak yang terkena biang keringat tersebut.
2.Teratur memandikan bayi, 1 atau 2 kali setiap hari. Ini berguna untuk menyingkirkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit anak.
3. Gunkanlah pakaian yang menyerap keringat, sejuk dan ringan seperti katun.
4. Hindarkan penggunaan sabun yang banyak mengandung soda dan jagalah selalu kebersihan kulit.
5. Perhatikan sirkulasi udara pada ruangan. Jika tidak memakai AC, maksimalkan ventilasi agar udara bisa mengalir bebas.

Untuk pengobatan biang keringat memang banyak dipasaran dan tentu obat tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efeksamping. Maka dari itu saya sarankan agar orangtua mengobati biang keringat pada anaknya dengan menggunakan obat tradisional, karena obat tradisional lebih aman untuk kulit bayi dibandingkan obat yang berbahan dari kimia.Dan berikut ini ada beberapa obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati biang keringat pada bayi.

1. Madu
Madu selain aman diaman digunakan juga baik untuk kulit karena madu termasuk sebagai pelembab alami dan humektan. Adapun cara menggunakan madu sebagai obat biang keringat pada bayi yaitu cukup mengoleskan madu pada kulit bayi yang terkena biang keringat secara merata. Setelah dioleskan diamkan selama 15 hingga 20 menit , lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu..


2. Lidah buaya
Lidah buaya atau alove vera adalah obat herbal yang baik untuk biang keringat. Hal tersebut karena ektrak dari gel lidah buaya mampu secara cepat menyembuhkan biang keringat. Selain itu, gel-gel yan ada pada lidah buaya dapat meredakan rasa gatal dan rasa sakit yang disebabkan oleh ruam.
3.Oatmeal
Oatmeal atau sejenis gandum yang berserat tinggi yang dapat dijadikan bahan alami yang dapat mengatasi biang keringat. Caranya adalah taburkan bubuk oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air lalu gunakan sebagai berendam.
Bagaimana dengan bahan-bahan alami tersebut mudah dan efektif bukan ? jadi, saat bayi anda mengalami biang keringat segeralah gunakan bahan-bahan alami tersebut sebagai obat alami untuk biang keringat pada bayi.

0 Response to "Obat Alami Untuk Biang Keringat Pada Bayi"

Posting Komentar